Mengkeut Kadeudeuh Baraya Sunda Tahun 2019

262

Kegiatan Paguyuban Pasundan Kabupaten Sanggau Mengkeut Kadeudeuh Baraya Sunda Tahun 2019 resmi dibuka oleh Bupati Sanggau, Sabtu pagi (12/10) pukul 09.30 WIB. Turut Hadir Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua Paguyuban Pasundan Kabupaten Sanggau, H.Abdurrahman, BA, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, seluruh warga pasundan yang ada di Sanggau dan masyarakat Sanggau.

Ucapkan terimakasih Oleh Ketua Paguyuban Pasundan Kabupaten Sanggau, H.Abdurahman kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah yang telah mempasilitasi Kegiatan ini , sehingga dapat terselenggara dengan baik dan lancar. pada kegiatan Paguyuban Pasundan Mengkeut Kaduedeuh Baraya Sunda 2019 diisi dengan kegiatan festival kuliner khas Sunda yang diikuti oleh stand kuliner dari SP4 Kecamatan Jangkang, stand kuliner dari Kecamatan Kapuas, stand kuliner dari Kecamatan Sekayam, stand kuliner dari Kecamatan Kembayan, stand kuliner dari Kecamatan Meliau, stand kuliner dari Belangin Kecamatan Kapuas dan stand kuliner dari Suka Mulia Kecamatan Parindu,” kata Ketua Panitia Asep.

Pada Acara Malam akan ditampilkan jaipongan dan wayang golek dari Kota Kembang (Kota Bandung). Kegiatan Mengkeut Kaduedeuh, sebagai ajang silahturahmi warga Pasundan itu sendiri dan masyarakat Sanggau dan Rangkaian kegiatan kebudayaan ini merupakan suatu peluang, hal yang positif dalam merajut, merangkai kebhinekaan yang ada di Kabupaten Sanggau. Cermin Daerah yang memiliki tolerasi kehidupan yang Harmonis antar Budaya yang ada di Kabupaten Sanggau

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan sebuah kebanggaan dalam menata sebuah kebudayaan yang semakin tahun semakin baik dan ini yang ketigakalinya pelaksanaan Paguyuban Pasundan Mengkeut Kadeudeuh Baraya Sunda di Kabupaten Sanggau.

PH Bupati Sanggau dua periode juga menyampaikan bahwa Kabupaten Sanggau mendapat Penganugerahan Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi Tahun 2019 untuk Kategori Pemerintah Daerah dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

“Mengapa kita mendapat Penganugerahan Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi Tahun 2019 untuk Kategori Pemerintah Daerah tersebut?. Karena Kabupaten Sanggau mengakomodir seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia ini yang masyarakatnya tinggal di Kabupaten Sanggau. Sehingga dari Kemendikbud RI memberikan penganugerahan tersebut kepada Kabupaten Sanggau yang peduli terhadap kebudayaan yang dimiliki didalamnya,” ujarnya.

Lanjut dikatakan, ia bangga karena hanya ada lima Kabupaten/Kota se-Indonesia, termasuklah Kabupaten Sanggau yang menerima Penganugerahan Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi Tahun 2019 untuk Kategori Pemerintah Daerah tersebut.

“Adapun terkait penilaian dari dewan juri, bahwa dilihat yang mana Pemerintah Daerah yang peduli terhadap berbagai etnis yang ada di daerahnya. Saya ingin kedepan apabila ada iven-iven kebudayaan seperti, diharapkan dari perwakilan masing-masing etnis yang ada di Kabupaten Sanggau untuk bisa hadir dalam berpartisipasi dan menyaksikan,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sanggau mempunyai visi dan misi, dimana seluruh etnis yang ada di Kabupaten Sanggau ini mempunyai kekuatan dalam bersama-sama memikirkan Kabupaten Sanggau yang bermartabat.

“Saya senang hari ini bisa hadir dan melihat kegiatan Paguyuban Pasundan Kabupaten Sanggau Mengkeut Kadeudeuh yang semakin baik. Diharapkan kepada Dinas yang menangani untuk bisa mempromosikan dari berbagai iven-iven kebudayaan yang ada dan semoga Kabupaten Sanggau semakin bermartabat,” tuturnya.

Bupati Sanggau serta didamping Wakil Bupati Sanggau dan Forkompimda berkunjung di masing-masing stand kuliner khas Sunda.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.