Gawai Dayak Nosu Minu Podi Sanggau 2019

Gawai Dayak Nosu Minu Podi XV Kabupaten Sanggau Tahun 2019, mengangkat tema “Dayak bermartabat, Indonesia di dadaku”, bertempat di Rumah Betang Raya Dori’ Mpulor Desa Sungai mawang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Minggu pagi (7/7) pukul 08.30 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Kalbar dalam hal ini diwakili Kadis Porapar Provinsi Kalbar Dra.Natalia, M.Si, Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si sekaligus selaku Ketua DAD Kabupaten Sanggau, DAD Provinsi Kalbar, Pj.Sekda Sanggau Ir.Kukuh Triyatmaka, MM, Forkompimda, Kepala Instansi Vertikal, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, DAD Kecamatan se-Kabupaten Sanggau, Tamu dari Sarawak Malaysia, MABM, MABT, Madura, Batak, Padang, Jawa dan Pasundan, serta seluruh masyarakat Sanggau.

“Kegiatan gawai ini rutin dilaksanakan disetiap tahun dan Sudah ditetapkan Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.,dan merupakan bentuk ucapan syukur kepada Akek Penompa/Tuhan atas hasil panen yang didapat, sekaligus untuk pemberkatan benih bibit dan alat perlengkapan untuk bertanam,” tutur Ketua DAD Sanggau Yohanes Ontot.

Gubernur Kalbar diwakili Kadis Porapar Provinsi Kalbar Natalia mengatakan bahwa kegiatan gawai Dayak ini sebagai iven tahunan disetiap daerah, dengan makna sebagai ucapan syukur atas rezeki yang telah diberikan oleh tuhan.

“Kegiatan Gawai Dayak dilaksanakan tentu untuk melestarikan adat, budaya yang dimiliki serta untuk pengembangan kebudayaan dan sebagai bentuk Pendidikan generasi muda sebagai identitas diri sebagai orang Dayak. Kegiatan gawai ini juga sebagai potensi yang besar untuk memajukan khususnya orang Dayak di Sanggau,” Ujar Natalia Kadis Porapar Provinsi Kalbar.

“Melalui gawai juga untuk menumbuhkan rasa saling toleransi antar sesama yang terus dipupuk, agar terjalinnya kebersamaan dalam keberagaman. Selain itu, melalui kegiatan ini bisa untuk meningkat pertumbuhan perekonomian masyarakat, yang mana gawai Dayak merupakan salah satu sektor daya tarik wisatawan untuk berkunjung di daerah kita, khususnya di Sanggau,” jelasnya.

“Pekan gawai Dayak ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sanggau setiap tanggal 7 Juli. Yang mana terlihat sudah semakin berkembang para pengunjung disetiap tahunnya, juga sebagai iven yang selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat,” ujar PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.